Minggu, 06 Desember 2015

Explore Semarang

Semarang merupakan ibu kota provinsi Jawa Tengah. Sebagai pusat ekonomi,  Kota Semarang sedang tumbuh dengan pesat baik pada sektor industri maupun jasa, banyak orang dari berbagai daerah datang ke Semarang untuk bekerja, menuntut ilmu, dan berwisata. ngomong-ngomong masalah wisata, pada postingan ini saya akan berbagi cerita mengenai tempat wisata yang bisa dikunjungi jika anda sedang berada di Kota Semarang.
beberapa waktu lalu saya magang di kantor Dinas Pertanian Kota Semarang selama satu bulan, nah saat weekend saya biasa mengexplore beberapa tempat yang ada di Kota Semarang. 

1. Kawasan Simpang Lima.
Sipang Lima merupakan salah satu pusat keramaian yang ada di Kota Semarang. Lazimnya kota-kota di pulau Jawa memiliki alun-alun, nah simpang lima merupakan alun-alun yang digunakan untuk kegiatan warga baik untuk olahraga atau untuk kegiatan lainnya. Jajaran hotel dan pusat perbelanjaan mengelilingi kawasan simpang lima sehingga kawasan ini tampak seperti sebuah oase. saya biasa jogging di pagi hari di kawasan ini sebelum memulai aktifitas, dan kawasan ini sangat ramai pada saat car free day di hari minggu pagi. Fasilitas yang tersedia meliputi bangku taman, toilet, trek terapi, ada sambungan wifi juga loh. keren
Lari pagi disekitar kawasan Simpang Lima Semarang.
 2. Kawasan Tugu Muda
Tugu Muda merupakan salah satu kawasan utama di Kota Semarang. Kawasan ini merupakan pusat pemerintahan kota. Tugu Muda merupakan lambang sekaligus kebanggaan dari masyarakat Semarang, sama halnya dengan Tugu Jogja. Di Kawasan ini anda dapat menemui beberapa tempat yang bisa anda kunjungi, yang pertama adalah Balaikota Semarang. Bagi pembaca sekalian yang berniat untuk stay agak lama di Semarang, fasilitas yang disediakan di pusat informasi bisa anda gunakan dengan secara cuma-cuma alias gratis, di pusat informasi kamu bisa menikmati ruang baca dan diskusi yang super nyaman, wifi yang super cepat, dan pelayanan yang sangat memuaskan. Selama saya tinggal di Semarang dan ketika harus berususan dengan masalah birokrasi alhamduillah selalu dimudahkan.
Berfoto di depan Balaikota Semarang
Selain Balaikota, the most common place to visit adalah Lawang Sewu (Seribu Pintu). bangunan peninggalan kolonial ini sangat terkenal, selain lokasinya yang strategis bangunan ini memiliki nilai historis yang tinggi, di dalamnya anda bisa menikmati keindahan arsitekturnya serta terdapat museum dengan koleksi yang cukup lengkap.

Salah satu sudut di Lawang Sewu.

3. Sampoo Kong
Sampoo Kong merupakan salah satu kuil terbesar di Semarang. Tempat peribadatan umat Tionghoa ini cukup menarik banyak pengunjung, selain sebagai tempat ibadah tempat ini juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Nah, tempat ini akan sangat ramai ketika hari raya Imlek. Kebetulan sekali ketika saya ke Sampoo Kong bertepatan dengan Imlek sehingga suasana begitu ramai dan berdesak-desakan.
Salah satu sudut di Sampoo Kong. Foto ini diambil saat Imlek 2015
 4. MAJT (Masjid Agung Jawa Tengah)

Suasana MAJT setelah hujan.

Ikon Kota Semarang selanjutnya adalah MAJT. Keunikan MAJT dibandingkan dengan tempat ibadah lainnya adalah adanya payung yang sangat besar, seperti di Madinah. Payung-payung tersebut akan dibuka pada saat-saat tertentu saja. selain itu juga terdapat menara Al husna dengan tinggi 99 meter, dari ketinggian tersebut anda dapat menikmati keindahan Kota Semarang. Di Kawasan MAJT tersedia pula convention hall yang disewakan untuk acara. Saat di Semarang cobalah untuk singgah di MAJT untuk sholat di beristirahat, menenangkan.

5. Bendungan Jati Barang
Berpose di jembatan yang membelah bendungan. jembatan ini digunakan juga untuk menyebrang ke Goa Kreo.

Penat dengan suasana kota. Cobalah arahkan kendaraan anda menuju Bendungan Jati Barang, dengan suasana yang masih asri angin sepoi-sepoi mungkin bisa menurunkan tingkat stress. layaknya sebuah tempat wisata kawasan ini dilengkapi dengan pusat jajanan, taman bermain, dan view yang cukup bagus. Selanjutnya anda akan menuruni anak tangga yang cukup banyak untuk sampai ke Jembatan dimana saya berfoto. Nah jembatan tersebut merupakan penghubung ke Goa Kreo (lokasi ditengah bendungan). Anda harus berhati-hati karena akan banyak monyet yang mendekati anda, tapi jangan khawatir monyetnya tidak galak. Pemandangan di Goa Kreo juga cukup bagus, terdapat beberapa goa yang bisa anda masuki.

6. Hutan Mangrove

bersantai di atas pohon Mangrove
Hutan Mangrove ini terletak di Kecamatan Tugu tepatnya di Desa Tapak. untuk menuju lokasi ini dibutuhkan waktu 45 menit dari pusat kota. Disini anda bisa menikmati indahnya rimbunan mangrove, berjalan ditengah hutan mangrove, dan naik perahu diantara kanal-kanal yang teduh.

7. Kawasan Kota Lama

Salah satu sudut kota lama

Gereja Blenduk

Bila dilihat dari sejarahnya Kota Semarang merupakan salah satu kota penting pada masa kolonial. terbukti dengan peninggalan sejarah yang banyak ditemui di kota ini. Menulusuri kota lama mengingatkan kita pada keindahan arsitektur eropa dengan kanal-kanalnya .Salah satu bangunan yang terkenal adalah gereja blenduk. Anda bisa menyusuri setiap sudut kawasan ini dan membayangkan betapa kerennya kawasan ini dulu, dan setiap sudut kawasan ini begitu eksotik dan pantas diabadikan dengan kamera ponsel anda. selamat berpetualang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar