Sabtu, 31 Maret 2012

Long Life Learning

kan ku telusuri seujung bumi dan luasnya..
betapapun jauh, betapapun rimbun tetap harus ku tempuh,
sejauh angan dan cita-cita ku.
kan kudapatkan cita-citaku, ataukah aku mati dipengasingan
jika jiwaku punah kepada Allah lah aku kembali
namun, jika jiwaku selamat
kepulangan ku diambamg pintu dengan segudang Ilmu.

inilah penggalan syair dari imam syafi'i yang sangat membakar semangat belajar ku,  aku masih ingat betul, ketika guru bahasa arab ku Bp. Ikhsanuddin, beliau membacakan syair ini dengan penuh expresi dan penghayatan yang luar biasa, hingga membuat seisi kelas sepi, senyap hanya ada suara beliau yang akan selalu ku rindukan. beliau mengatakan tuntulah ilmu setinggi-tingginya setelah itu diamalkan, karena ilmu tanpa diamalkan bagaikan pohon tidak berbuah.
didalam keluargaku ayah dan ibu sangat memperhatikan masalah pendidikan baik agama maupun umum, oleh sebab itu beliau menyekolahkan anknya-anaknya pada sekolah-sekolah formal dan sekolah-sekolah agama, termasuk aku.
petualangan pencarianku ilmu ku berlanjut ke sebuah universitas terkemuka di negeri ini, aku mengambil program studi ilmu dan industri peternakan universitas Gadjah Mada, aku merasa senang berada dilingkungan baruku, tuhan mengabulkan do'a ku, ketika aku masih duduk di kelas sepuluh Madrasah Aliyah Ali Maksum, dengan huruf yang kususn dan kutempel pada muka lemari besiku sebuah kata tertempel rapih dan tampak lebih dominan, UGM, dan semua orang bisa melihatnya, aku percaya kekuatan mimpi, dengan mimpi aku percaya bahwa ia akan jadi nyata dengan usaha dan do'a, dan aku telah merasakannya, meski masih banyak mimpi-mimpi yang harus kuwujudkan, tapi setidaknya dengan mimpi aku merasa lebih baik dan punya pandangan jauh kedepan. dare to dream !! 
aku telah berjanji pada diriku bahwa aku akan terus belajar selama hayat masih dikandung badan, life long learning, tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat
# terimakasih ya Allah atas nikmat yang engkau berikan.

Senin, 26 Maret 2012

Wonderfull,,,,

enjoying sunset at pandan sari beach
weekend, it's time to refresh from the activities, it's easy for me to look for wonderfull places in jogjakarta, there are some choosen whether you go to beach, museum, shopping, art festifal or you may create your own holiday, gonna be awesome.
for weekend in the end of march, I choose beach as my destination, get sunset in the dusk and enjoying sunrise on top of tower, feel the glows are brighten on my body, such as living in another world.
jogjakarta is one of popular places in indonesia that visited by tourists from arround the world, you can found everything here, with traditional ethnics and javanese culture was maintained " jogja berhati nyaman" is the jargon of the city or " jogja never ending asia". the wonderfull scenery of the peoples who lives in multiculturalism withouth left the original culture. feel the greatness of the place.


Jumat, 23 Maret 2012

Me and The Cattel

Alone, would you accompany me here...
mom, see. look at the camera, just like me..



k;
now I stand beside the cattle in one of cage at KP Pandan Mulyo, nothing immposible to get everithing we want, they keys are struggle, learning, dreams, pray

here I am, with Calf, how poor you are........


Kamis, 22 Maret 2012

Community Development

Dalam konsep pembangunan masyarkat ada hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaannya, ada beberapa aspek yang tidak boleh dihilangkan atau diganti, selanjutnya disebut dengan prinsip umum pembangunan masyarakat (community development), jum Ife (1995) mengungkapkan 22 prinsip tentang community development, namun pada tulisan ini saya akan membahas 5 prinsip.
1. Menjunjung tinggi hak asasi manusia, community development menekankan pada hak asasi manusia, karena setiap orang mempunyai kedudukan yang sama dalam memperoleh hak, tidak ada klasifikasi antara si kaya dan si miskin, dalam pembangunan harus merata, seringkali dalam proses pembangunan masalah HAM tidak begitu diperhatikan.
2. Pembangunan terpadu dan seimbang, maksudnya dalam proses pembangunan tidak boleh ada ketimpangan, baik dalam proses pembangunan atau input dari proses pembangunan itu sendiri.
3. Keberlanjutan, prinsip ini menjadi penting karena dalam membangun masyarakat tidak hanya menjadi proses sesaat, namun bagaimana input yang dihasilkan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat dan dapat menjadi berkelanjutan.
4. Pembangunan komunitas, merupakan stimulus dalam proses community development, dimana dimulai dari pembemntukan komunitas yang paling sederhana, misalnya keluarga.
5. Partisipasi, suatu proses pembangunan tidak akan sukses tanpa adanya partisipasi dari komunitas itu sendiri.

Dusun Poncolsari, Srandakan, Kabupaten Bantul. bisa dikatakan sebagai salah satu daerah yang berhasil mengembangkan masyarakatnya dengan prinsip-prinsip community development, khususnya dalam bidang peternakan.
berawal dari ketidaknyamanan warga, dengan kondisi kandang yang letaknya berdekatan dengan rumah, seperti bau dan kotor, maka atas inisiatif beberapa orang didirikanlah sebuah kelompok ternak, yang selanjutnya disebut K.P. Poncol Sari, lokasinya berdekatan dengan pantai, sejak didirikan pada tahun 1994 tepatnya tanggal 11 januari hingga saat ini telah memiliki 500 ekor sapi, fokus kelompok ternak ini adalah sapi potong. pada saat ini kelompok ternak tersebut beranggotakan 134 orang, menempati daerah seluas 1,5 hektar.
jika dilihat dari gambaran diatas, merupakan keberhasilan bagi warga sekitar karena telah mampu untuk menghimpun masyarakat berdasarkan partisipasi, karena sekali lagi partisipasi bukan paksaan tetapi naluri, keberhasilan karena telah mampu menyatukan pikiran menjadi sebuah gagasan yang cemerlang. salam sukses

Selasa, 20 Maret 2012

Bike to Campus

Yogyakarta belum bisa dikatakan ramah dengan para pengguna sepeda, meski fasilitas bagi para peseda telah dibuat dengan baik, seperti jalur sepeda ditandai dengan marka kuning di sepanjang jalan di kota budaya ini, jalur hijau khusus tempat pemberhentian sepeda hampir disetiap perempatan lampu merah, petunjuk jalan alternatif bagi para pengendara sepeda, namun kenyataan dilapangan toleransi bagi para                                       pengguna sepeda masih rendah.
seperti biasa setiap pagi, saya harus pergi ke kampus dengan menggunakan sepeda yang baru dibeli beberapa minggu lalu, saya berangkat dari asrama jam 6 pagi, bukan tanpa alasan, saya merasa sa'at itulah waktu yang tepat untuk pergi ke kampus, saya masih bisa menghirup udara segar dan ngonthel dengan tenang, sebelum akhirnya berganti dengan polusi dari bus dan kendaraan yang sering menyesakkan dada, di sa'at itu juga saya masih bisa menikmati gagahnya merapi yang mencengkram kota, sebelum akhirnya pandangan saya buyar karena harus konsentrasi untuk ngonthel, kota gudeg ini bisa dikatakan lebih baik daripada kota-kota lain di indonesia dalam pemberian tempat bagi para pesepeda, namun toleransi bagi para pengguna sepeda masih kurang, area jalur sepeda dijadikan tempat parkir, penanda jalan di coret-coret, area pemberhentian sepeda diserobot mobil dan motor, mirisnya pengguna sepeda di kota pelajar ini.
cerita berlanjut. ketika ngonthel ke kampus saya harus berjuang dengan kendaraan penghasil polusi, ditengah kemacetan ada aku dan sepedaku diantara pengguna kendaraan lainnya, saya merasa saat itu pengguna sepeda seperti saya merasa termarjinalkan.
Sebuah Mimpi
alangkah indah dan bahagianya bila di kota ini mempunyai jalur khusus bagi para pengguna sepeda yang dikelola dengan baik, ada tempat parkir khusus disetiap sudut kota, seperti di belanda atau di irlandia.

Minggu, 18 Maret 2012

Interfaith Go Green

 well, weekend come, it's time to quite the brain and look for fresh. I got invitation to follow program held by yayasan go green calvin. it was fantastic, I could see how good scenery and feel in enjoyable athmosphere, when religious leaders from islam, budhis, hindu, katolik, protestan, konghucu are gather arround, prayer together, only for one future indonesia better, for symbolic we plants seven trees, and each tree have a phylosophy.


Sabtu, 03 Maret 2012

Youth and Millenium Development Goals

Youth : speak up MDGs

When talking about MDGs or Millenium Development Goals, one of the concern is about poverty eradication. since a country build until now, and perhaps in future poverty will be big problem for development country even the advanced country, that's why ? poverty eradication became concern of Millenium Development Goals, well I really interest to contribute and solve this problem through youth act.  however, this is big national problem. is not only job for goverment but this is as responsible for all people across the country.
    I'm proud to be young generation, and let we see the real condition of our country Indonesia, the country that consist of 13.000 islands, 300 ethnics and full of natural resource through forest, sea, oil, gold.etc had been  country with less competitiveness, and this is very sadness and really contradictive, poverty seems like a friend of this country, just look at the data at 1990 the number of poor people in indonesia is 15,1% from population of, and I got the data from 2008 the number of poor people are increased 0.4% became 15,4%. well it is showed to us that the seriousness of goverment in poverty eradication should be ask for.
   just step your feet out of your home, and see what did you see there. you will easy to find gambler or people who live under poverty, in front,beside,behind of your home. just realize it ? young generations are fondation of the country if you want to see the country, see the condition of young generation, it became the parameter of a country to called it advanced or leaved. well, it's to act and think out about MDG's, youth we can.