Jumat, 13 Februari 2015

Introvert



Saya baru saja selesai berdiskusi dengan seorang teman yang sudah paham mengenai orang-orang dengan kepribadian introvert dan extrovert, nah pada postingan kedua di 2015 ini, saya akan membahas masalah Introvert. Semoga saja memberi informasi tambahan bagi kamu semua, ini dia resume penjelasan hasil diskusi dengan Mr. MF (an Introvert)
Pernah mendengar istilah Introvert ?
Introvert adalah kepribadian seseorang yang berorientasi ke dalam diri sendiri, yang secara garis besar orang-orang seperti ini lebih menyukai ketenangan, tidak terlalu tahan dengan keramaian, terkadang suka menyendiri tetapi perlu digaris bawahi bahwa Introvert bukanlah seorang anti sosial. Hanya saja mereka memiliki cara bersosialisasi yang berbeda dari kebanyakan orang. Tapi mungkin bagi yang belum memahami tentang Introvert menganggap bahwa orang-orang introvert itu anti sosial, Introvert bukanlah seorang anti sosial. Kita tahu manusia itu membutuhkan sosialisai hanya saja introvert memiliki cara sosialisasi yang berbeda dari orang lain. Mereka bisa saja terlibat dalam sebuah keramaian sosial, namun secara bertahap energi mereka (mood) akan turun. Seorang introvert butuh waktu menyendiri untuk mendapatkan kembali energi sosial mereka, sehingga terkadang mereka tidak akan bertahan lama dalam sebuah proses sosial yang melibatkan keramaian. Seorang Introvert tidak menyukai basa-basi, mereka lebih nyaman mengobrol dengan topik yang berat dan menarik, daripada hanya sekedar berbicara tanpa arah. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang menganggap bahwa seorang Introvert adalah anti sosial.
            Anggapan negatif selanjutnya adalah seorang Introvert bukan pembicara yang baik. Pada dasarnya seorang Introvert bukanlah seorang yang spontan dalam berbicara, mereka akan memikirkan dulu apa yang akan mereka bicarakan sebelum mereka mengeksekusinya dengan perkataan. Tujuan mereka adalah supaya apa yang mereka katakana benar-benar dapat dimengerti dan tidak menyakiti lawan bicaranya. Proses yang panjang ini terkadang menyebabkan mereka agak gagap ketika berbicara dalam pergaulan sehari-hari. Seorang Introvert tidak suka berbasa-basi, jika anda berbasa basi dengan seorang Introvert, mungkin anda hanya mendapat balasan seadanya, atau mungkin hanya senyum atau anggukan kepala yang anda dapatkan. Dengan gaya bicara seperti itu, mereka mungkin akan terlihat gagap dalam pembicaraan sehari-hari. Namun, kondisi ini akan berubah 180 derajat ketika mereka dipercaya menjadi pembicara di depan sebuah forum. Pada dasarnya seorang Introvert sangat senang berbicara, namun itu hanya untuk sebuah topik  yang pasti dan berkualitas. Berilah waktu pada mereka untuk mempersiapkan apa yang akan dia bicarakan di depan forum, lalu lihatlah apa yang terjadi pada seorang Introvert tersebut di depan forum. Anda tidak akan melihat lagi seseorang yang gagap berbicara, gugup, dan anggapan negative lainnya. Yang terpenting adalah beri waktu bagi mereka untuk memikirkan apa yang akan dia bicarakan.
            Ihhh... amit-amit jadi Introvert, merekan kan ga punya teman. Inilah anggapan negatif sebagian orang tentang Introvert. Jika anda melihat pertemanan dari jumlah teman, maka anggapan anda bahwa Introvert ga punya teman adalaha benar. Namun ada satu hal yang harus anda mengerti, dalam urusan pertemana, seorang Introvert lebih berorientasi pada kualitas. Tak masalah mereka hanya memiliki sedikit teman, tapi mereka selalu memastikan bahwa teman mereka yang sedikit tersebut adalah benar-benar teman yang berkualitas bagi mereka. Seorang Introvert adalah orang yang tertutup, mereka hanya mau bercerita panjang lebar tentang kehidupan mereka kepada teman yang benar-benar berkualitas bagi mereka. Jika anda memiliki seorang teman yang anda anggap Introvert, dan teman anda itu mulai bercerita panjang lebar tentang kehidupan mereka... Selamat, anda telah resmi menjadi teman seorang Introvert. Dan anda harus bersyukur, jika anda sudah dianggap teman oaleh seorang Introvert, maka dia akan selalu berusaha ada untuk anda disaat susah dan sangat susah.


So, are you the one ? nggak usah khawatir kalau kamu Introvert.  FYI orang-orang besar seperti Steve Jobs, Bill Gates, Mahatma Gandhi. They are introvert. Yang penting kamu gak usah merasa terkotak-kotak dengan istilah introvert atau ekstrovert, gunakan potensimu dengan sebaik-baiknya dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik. Everybody is different

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar