Minggu, 25 Agustus 2013

Cerita acak.

"orang yang paling baik adalah orang yang bermanfaat bagi sesamamanya"

Lelah.
Hampir 72 jam berlalu. masih pada suasana dinihari, fuihh.. yeahhh. akhirnya sampai juga di jogja. liburan kali ini berlalu sangat cepat, lebih spesial dari tahun-tahun sebelumnya. spesial karena rasa rindu ini masih terbawa sampai ke tanah rantau. belum cukup waktu rasanya menikmati waktu pagi bersama keluarga, mendalami hobi memasak, ya.. ingin rasanya berlama-lama di kampung halaman. 
perjalanan dari Riau ke Jogja dengan pesawat terbang 1 jam 55 menit sedangkan dengan bus 2 malam 3 hari. pada kali ini untuk kesekian kalinya saya menggunkan bus lagi, mungkin bisa dibayangkan betapa lelahnya, dan betapa membosankannya perjalanan. it seem like "long journey". ya rasanya sosialisasi dengan rekan sebangku hanya sekedar senyum dan terkadang hanya pembicaraan sangat simpel, buku yang rencana jadi teman perjalanan jadi kurang menarik. untunglah kakak ipar saya membuatkan makanan bekal favorit apalagi kalau sambel kentang dan teri, jadi lebih irit di jalan meminimalisir pengeluaran biaya makan yang tinggi di wilayah sumatera.
badan masih terasa sakit, ini perjalanan yang sangat melelahkan. aku lelah aku ingin tidur dan aku ingin istirahata (saat itu pukul 2.30 am).

Kaget.
setelah sampai di asrama, TV kamar masih menyala saat itu judul filmnya "once upon a time in china" . orang- orang sudah tidur, jajanan lebaran bertumpuk di kamar. makmur !. 
betapa terkejutnya saya ketika salah seorang teman kamar mengucapkan : eh pak guru sudah pulang. saya : maksudnya ? ohh, ternyata saya diamanahi untuk mengajar di kelas persiapan. wowww.. masih terus berfikir dan kaget = can't sleep !. mengapa saya ? I just feel if I still need to learn more and more. tak ada waktu dan kesempatan untuk menolak.
saya mulai mengajar ketika umur 17 tahun, waktu itu masih di kelas kecil dan beberapakali memberikan les privat. namun seiring bertambahnya umur tantangan yang diberikan semakin besar. sekarang saya mengajar di satu kelas besar and of course I don't have free time even it weekend.. dan sabtu minggu jadwalnya belajar dan mengajar.

Like a Teacher, Like a Student.
menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah, ia harus mempersiapkan materi sebelum disampaikan pada para santri/siswa menjadikan materi yang terlihat dan terasa berat menjadi hal yang ringan dan mudah diserap. ia juga harus selalu belajar untuk menambah wawasan agar setiap ucapan yang dikeluarkan bukan sebuah kebohongan melainkan sebuah kecerdasan intelektual yang dapat dipertanggung jawabkan.
sejatinya menjadi seorang guru adalah seorang murid, ia harus selalu terus belajar dan belajar. semoga bisa istiqomah.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar