Minggu, 10 Maret 2013




Judul Buku          : 10 Rahasia Pembelajar Kreatif
Pengarang          : Khrisna Pabichara
Jumlah Halaman : 192 hal.
Tahun Terbit      : 2013
Penerbit              : Zaman
Peresensi            : Abdul Hamid

Pada mulanya “Berfikir merupakan pekerjaan paling berat, mungkin itulah mengapa hanya sedikit orang yang menyenanginya.” – Henry Ford, sama halnya dengan belajar, belajar merupakan suatu proses identifikasi dan alur berfikir dari tidak tahu menjadi tahu. banyak orang yang mengalami permasalahan-permasalahan dalam belajar, celakanya banyak dari mereka  enggan untuk mendalami apa yang menjadi permasalahan yang dihadapi, mengapa saya tidak menyukai belajar ? mengapa saya cepat bosan dalam belajar ? mengapa saya menjadi pelupa ? akhirnya proses belajar hanya dijadikan ritual pada saat-saat menjelang ujian, kita menyiksa tubuh dengan tidak tidur hingga pagi hari.
Seorang filsuf besar bernama Linus mengatakan, “Tak ada masalah terlalu berat yang tidak dapat diatasi” termasuk masalah yang kita hadapi saat belajar. selama kita mau dan mengetahui caranya, selalu ada kemudahan yang menyertai setiap kesulitan. oleh karena itu, perlu dipahami bahwa kemudahan itu datang bukan setelah kesulitan, melainkan kesulitan selalu disertai dengan kemudahan. setiap orang bisa mengatasi setiap masalahnya seperti yang dikatakan oleh Khrisna Pabichara dalam salah satu bab didalam bukunya yang berjudul 10 Rahasia Pembelajar kreatif. Anda lebih cerdas daripada yang anda pikirkan. dan tentunya kita hanya perlu mengubah kebiasaan belajar menjadi lebih baik dari pada sebelumnya dan buku karangan Khrisna dapat dijadikan panduannya.
Membaca buku ini fikiran kita akan terbuka dengan penjelasan yang sangat baik dan terstruktur. buku ini disusn dengan bahasa yang mudah dimengerti semua kalangan selain itu, yang unik adalah buku ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis ketika menjadi motivator pengembangan minat dan kecakapan belajar selama lebih dari delapan tahun. Selain itu akan banyak dijumpai pesan-pesan utama berupa fatwa-fatwa religius dan kata-kata bijak dari beberapa pembelajar sukses dan ternama, sehingga pesan-pesan tersebut dapat menjadi pemantik semangat dan menjadi inspirasi untuk melakukan perubahan signifikan menuju prestasi yang gemilang. hal yang menarik dari buku ini dibandingkan buku yang bergenre sama kita akan diajak menyelami permasalahan dalam belajar dan dapat mengidentifikasinya dengan kuisioner yang ada didalam buku, hingga akhirnya kita dapat mengetahui permasalahan yang kita hadapi dan bagaimana cara menyelesaikannya.
Rahasia pertama kesuksesan belajar adalah menentukan karakter belajar, hal ini menjadi penting karena bayak orang yang belum memahami karkter belajar mereka selama ini, banyak juga yang mengatakan bahwa saya sudah memahami karakter belajar saya namun pada kenyataannya tidak. karakter belajar seseorang berbeda-beda apakah kita termasuk tipe orang yang belajar dalam suasana ramai, hening, sambil mendengarkan musik lembut, cadas, ngemil, bermain. setelah menemukan karakter belajar hal selanjutnya adalah bagaimana kita selalu menumbuhkan sikap mental yang positif dan memiliki kemauan keras.
membuat susunan rencana belajar menjadi hal penting selanjutnya dalam buku ini, bukankah semua harus direncanakan agar hasilnya lebih baik ? begitupula dalam proses pembelajaran kita sebaiknya menyusun rencana tentang (1) tujuan yang hendak dicapai, (2) strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan, (3) sarana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. membuat rencana belajar merupakan bukti keseriusan, bukan sebuah proyek asal-asalan melainkan sebuah proyek masa depan yang direncanakan secara matang. contoh analoginya seperti saat kita membangun sebuah rumah sudah tentu kita akan merencanakan desain rumah yang diinginkan, apa saja dan berapa jumlah bahan bangunan yang dibutuhkan, siapa yang akan mengerjakannya serta berapa dan darimana biaya pembangunannya. begitupula dalam belajar.
 Akan ada banyak rahasia yang akan diungkap dalam buku ini. sehingga kita dapat menemukan potensi diri dan bagaimana memanfaatkannya. memahami cara-cara kreatif dalam belajar serta mampu memecahkan persoalan yang menghambat kegiatan belajar. pada akhirnya belajar yang kita lakukan menjadi lebih efisien, efektif, dan menyenangkan. dan bukan hal yang mustahil setelah mengetahui rahasia belajar  keinginan untuk mendapatkan hasil maksimal di bangku sekolah atau perkuliahan dapat terwujud.
 Membaca buku ini akan mengubah perspektif para pembacanya  mengenai belajar, kegiatan belajar bukanlah sebuah beban melainkan sebuah kebutuhan. belajar merupakan aktivitas yang menyenangkan bukan hal yang membosankan. belajar merupakan kewajiban bagi seorang pembelajar sejati, tentunya hal yang terpenting dari semuanya adalah attitude kita. bagaimana kita memeprlakukan guru-dosen, memperalukan ilmu dan menghargai teman dan sahabat, menjunjung tinggi nilai kejujuran dan kedisiplinan dalam belajar ingat konsep SMART dalam buku ini S (Spirit) M (Modesty) A (Adventurous) R (Resourceful) T (Tenacious). niscaya hasil belajar yang didapat akan lebih bermanfaat bukan hanya bagi diri kita melainkan bagi setiap orang yang berada disekitar kita. buku ini cocok bagi manusia pembelajar manapun (siswa-mahasiswa, guru-dosen, pria-wanita, tua-muda). Selamat membaca.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar