Senin, 30 Juli 2012

Great days with great Friends

kampus adalah tempat dimana aku bisa mengeksplorasi pikiran ku, tempat dimana aku menjadi berbeda dari kehidupanku di asrama, tempat dimana aku bertemu dengan manusia-manusia yang super dan inspiratif. tulisan ini merupakan rangkuman dari perjuangan pembutan karya tulis untuk lomba tingkat nasional, untuk teman superku aroel.dc dan arina terimakasih telah menginspirasiku dalam laku dan tindakan kalian. sempat aku memutuskan untuk resign dari proyek ini tapi alasan ku tak cukup kuat untuk diluluhkan oleh semangat kalian (ahh,, mungkin ini terdengar melankolis). 
great days with great friends, ya mungkin ini judul yang cocok untuk tulisanku kali ini. memang seminggu terakhir ini kita dikejar deadline, hampir setiap hari kita diskusi membahas permasalahan bangsa yang kita angkat sebagai karya tulis kita, ditengah kesibukan yang dimiliki masing0masing kita, akhirnya karya yang dibilang cukup perfeksionis oleh si arin selesai tepat pada deadline akhir pengumpulan karya. kita tertawa bersama dan mengabadikan moment itu di ruangan yang menjadi saksi bahwa kita akan menjadi juara ya di Nation Building Corner.
(entah mengapa aku jadi sedikit kalem malam ini) I just wanna say through my written you are both was awesome and inspiring me to be better.


Selasa, 24 Juli 2012

Refleksi Hari Anak Nasional


Tanggal 23 juli merupakan peringatan hari anak nasional di Indonesia, momentum untuk merefleksikan kehidupan anak-anak Indonesia generasi emas Indonesia, bukan hanya sekedar seremonial belaka lalu terlupakan. momen hari anak nasional merupakan simbol penghormatan bagi generasi emas Indonesia, namun pada nyatanya sudahkah anak Indonesia mendapatkan hak-hak mereka, sudahkah ia layak diperlakukan sebagaimana layaknya seorang anak.
mari berkaca pada beberapa kasus di bawah ini :
jumlah kasus kekerasan anak di Indoensia dari tahun ketahun meningkat data dari komisi nasional perlindungan anak pada tahun 2007 mencatat terjadi 40.398.625 kasus, mengagetkan sekaligus mencengangkan kita, betapa negeri ini belum ramah terhadapa anak-anak. jumlah tersebut meliputi wilayah di seluruh provinsi Indonesia. kekerasan anak meliputi pencabulan, pemerkosaan, perdagangan anak, pembunuhan dan penganiyayaan dll, selain itu masih banyak anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan yang layak, putus sekolah, harus bekerja dijalanan disaat harus menikmati masa kecil yang bahagia, ahh,, rasanya begitu naif bila kita tidak mengetahui itu semua.
anak-anak indonesia saat ini merupakan generasi emas indonesia di masa mendatang, ia seharusnya diperhatikan dan dicintai agar tumbuh dengan baik, menikmati masa pertumbuhan dan dapat mengenyam pendidikan dengan baik, bukankah mereka juga bagian dari negeri ini, jangankan ia terlunta-lunta, kelaparan hidup dijalanan. ia adalah aset bagi bangsa ini. semoga momentum hari anak nasional ini seluruh hak-hak anak Indonesia terpenuhi dengan baik, keep dreaming for all children of Indonesia.

Menciptakan Generasi Anti Korupsi


ketika membaca majalah di perpustakaan kampus rasanya sudah tidak asing lagi ditelinga bahwa Indonesia merupakan salah satu negara korup di dunia, berdasarkan survey indeks persepsi korupsi  yang dilakukan oleh transparancy international menempatkan indonesia pada urutan 126 dari 166 negara yang di survey. menyedihkan memang melihat carut marutnya para pejabat dan politikus di indonesia yang berotak tapi tak bermoral. namun harus diakui bahwa spirit untuk memberantas korupsi di negeri ini masih membara, komisi pemberantasan korupsi semakin gencar dalam memberantas korupsi didukung oleh jutaan masyarakat Indonesia yang menjadi spirit tersendiri bagi anggota KPK, saya tidak bisa membayangkan suatu saat nanti generasi muda negeri ini acuh akan pemberantasan korupsi akibat dari keputusasaan dalam melihat realita kehidupan. semoga saja tidak demikian.
menciptakan generasi anti korupsi tidak bisa dilakukan dalam semalam melainkan sebuah proses yang panjang dan berkelanjutan. menciptakan generasi anti korupsi juga harus didukung oleh elemen penting seperti keluarga, lembaga pendidikan dan peraturan pemerintah. butuh waktu yang tidak sebentar untuk menjalankan sistem tersebut agar sinergis.
kasus korupsi di Indonesia banyak dilakukan oleh orang-orang yang memiliki tingkat pendidikan tinggi serta memiliki kedudukan dan ada kesempatan. rakyat kecil tidak akan bisa melakukan korupsi. tingginya tingkat korupsi di Indonesia yang dilakukan oleh kaum terdidik memunculkan pertanyaan baru bagaimana sistem pendidikan di Indonesia saat ini ? sekali lagi berbicara menciptakan generasi anti korupsi mengaitkan banyak hal tidak dapat dilihat hanya satu sisi.
salah satu cara yang dapat diterapkan adalah dengan implementasi pendidikan anti korupsi di sekolah-sekolah dan pergururan tinggi. dengan pemberian matakuliah pendidikan anti korupsi di perguruan tinggi diharapkan mindset mahasiswa tentang korupsi berubah kearah yang positif. mengingat bahwa para koruptor saat ini adalah bekas mahasiswa . saat ini perguruan tinggi yang memasukkan pendidikan anti korupsi masih bisa dihitung dengan jari. penanaman karakter juga dirasakan sangat urgent bagi generasi muda saat ini celotehan tentang "banyak orang pintar tapi tak bermoral" memang benar adanya. perlu lagi digalakan penanaman nilai-nilai agama serta pancasila bagi kehidupan pemuda indonesia saat ini. karena nasib bangsa ini dapat dilihat dari kondisi pemudanya saat ini. sadarlah bahwa korupsi itu menyengsarakan dan membunuh karakter bangsa.

Sabtu, 21 Juli 2012

Ramadhan di Pesantren

Alhamdulillah tahun ini masih bisa dipertemukan dengan bulan yang mulia, ya bulan ramadhan mubarak, sudah empat tahun aku selalu menghabiskan setengah dari bulan ramadhan di pesantren karena sejak empat tahun lalu aku menjadi santri di sebuah pesantren di Yogyakarta (Krapyak.org). aku menikmati peranku sebagai seorang santri meski kerinduan akan buka dan sahur bersama keluarga sangat kurindukan. 
Ramadahan di pesantren sangat berbeda rasanya dari tahun ketahun, riuh gemuruh santri selalu hadir disaat pagi siang dan malam, lantunan ayat suci alquran yang menenangkan selalu dilantunkan setiap waktu. sebagai seorang santri saya merasa bahwa momentum bulan ramadhan ini harus dimanfaatkan dengan maksimal dalam beribadah dan berbuat kebaikan seperti tadarus, tarawih, sedekah. nikmatnya ramadhan di pesantren juga momentum untuk meningkatkan ilmu agama, pada bulan ramadhan akan banyak sekali pengajian-pengajian yang diadakan oleh pesantren. pokonya rugi melewatkan kesempatan ramadhan di pesantren.
ada hal yang menarik ketika ramadhan di pesantren seperti panjangnya antrian para santri dalam mengambil makanan, suara piring yang kadang membangunkan sahur menjadi pemandangan yang unik dan menarik. letak pondokku memang sangat strategis diapit oleh dua jalan yang banyak dilalui orang yaitu jalan Parangtritis (paris) dan jalan Bantul serta letaknya dekat dengan kraton kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, selama bulan ramadhan disekitar lingkungan pesantren banyak pedagang kaget dan ada kampung ramadhan (kampung ramadhan jogokaryan). 

The Gate : Kampung Ramadhan Jogokaryan

Jumat, 20 Juli 2012

Selasa, 17 Juli 2012

Asrama Oh Asrama ku...

akhir-akhir ini suhu kota jogja malam hari sekitar 20 derajat celcius menurut informasi cuaca yang ter-update yang aku baca, lumayan menusuk kulit. aku sekarang tinggal disebuah gedung berlantai lima dengan ratusan penghuni di dalamnya, jangan pikir bahwa aku tinggal di apartemen mewah yang selalu sejuk kondisi ruangannya, ada air hangat yang selalu tersedia tanpa harus repot-repot masak pake dispenser. hidup dengan banyak orang memang cukup sulit terutama dalam mengatur kebersihan meski aku adalah seorang yang sangat disiplin dalam kebersihan, namun seorang saja tak mungkin cukup untuk menjadikan gedung berlantai lima ini bersih dan bening. ternyata masih lumayan banyak teman-temanku yang masih peduli dengan kebersihan. ya sebuah asrama yang menyimpan begitu banyak kenangan bagiku mulai dari kebahagiaan sampai kesedihan yang mendalam, sebuah gedung yang hampir roboh karena gempa enam tahun lalu. dan hingga saat ini pun aku masih tetap disini, digedung ini, entah sampai kapan. yang aku inginkan adalah bagaimana caranya untuk pergi dari gedung ini, pergi dari asrama ini, namun untuk saat ini aku merasa belum bisa melakukannya. aku belum bisa melepas ikatan yang ada di dalam jiwaku.
jangan tanyakan mengapa aku masih tetap disini. asrama bagiku adalah tempat untuk bersosialisasi dan belajar. tempat terindah untuk relaksasi dan menikmati bunga tidur meski hanya beralas karpet, namun yang kurasakan adalah nikmat yang begitu luar biasa. ini sifatnya uncountable. tempat favoritku dulu adalah lantai lima gedung ini dimana aku bisa menikmati birunya langit, indahnya senja dan perkasanya merapi. tempat itu begitu mengesankan dalam ingatanku. namun yang saat ini kurasakan adalah dark. sekali lagi jangan tanyakan mengapa demikian ? 
layaknya sebuah biji ia akan melewati beberapa proses perkembangan sebelum akhirnya ia menjadi tanaman yang sempurna, sama halnya dengan aku. asrama merupakan tempat pendewasaan dalam cara berfikir dan bertindak, tempat yang bisa dibilang cocok untuk menempa diri dan membentuk karakter. namun adakalanya banyak korban mental berjatuhan, aku merasa bullying masih menghantui ditengah homogenitas dan egoisme yang membara pada kaum pubertas. layaknya sebuah koin mata uang silakan analogikan sendiri.
umur gedung ini semakin tua sama dengan aku yang setahun lagi insyaallah berkepala dua, coretan-coretan sudah mulai banyak yang dibuat oleh kaum vandalism dan antek tangan-tangan PKI. namun tahukah gedung yang kutempati saat ini pernah dikunjungi oleh Princess of Walles pewaris tahta kerajaan Buckingham London UK, rasanya begitu banyak tokoh-tokoh agama yang mengunjungi gedung dimana aku tinggal saat ini hingga aku lupa mencatat nama-nama beliau.
di tempat inilah aku belajar dan mengajar saat ini, di tempat inilah ku rangkai mimpi-mimpi besarku, di tempat inilah aku berjuang mewujudkan harapan kedua orang tua dan harapanku. di tempat ini, masih di Asrama sama seperti saat 4 tahun lalu. I'm a dreamer.

Minggu, 15 Juli 2012

Kesan Pertama

waktu berjalan begitu cepat, nggak kerasa sekarang sudah masuk tahun ke dua aku jadi pembimbing di yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren krapyak Yogyakarta, pokoknya perjalanan setahun ini begitu memorable. sama seperti setahun lalu ketika menerima santri baru rasanya begitu luar biasa atmosphere menjadi pembimbing begitu terasa, menyaksikan senyum harapan bagi putra-putri dari seluruh penjuru negeri, terharu dalam tangis perpisahan dengan orang tua.
Alhamdulillah tahun ini di amanahi menjadi wali bagi anak-anak kelas I'dad (persiapan), rasanya begitu bahagia bisa berada ditengah-tengah mereka dan merasakan semangat yang luar biasa, semoga ini bukan semangat soda.
perkenalan
pepatah yang sangat umum "tak kenal maka tak sayang", momen yang sangat kusukai ketika melihat semangat dan wajah lugu mereka. bawaannya mau ketawa terus (tapi harus jaga image) hahaha... waktu perkenalanpun dimulai, setelah sholat maghrib kita kumpul di aula asrama baruku "sakan Thullab" sebenarnya nggak baru juga sih., sebuah lingkaran kecil terbentuk ditengah riuh gelak tawa para santri baru putra Madrasah Aliyah Ali Maksum. tahun ini aku menjadi wali bagi 14 orang santri dengan komposisi dari berbagai daerah Indonesia (Lombok, cilacap, ciamis, cirebon, jogja, Riau, Banyuwangi, wonogiri),,hah..amazing and Nice..yeahhh.. :)
Mimpi Besar 
katanya orang Indonesia kalau ditanya tentang cita-cita atau mimpi mereka malu-malu, sekali lagi ini tidak berlaku bagi santri Ali Maksum. waw..luar biasa, ketika ku tanya kepada mereka apa cita-cita mu ? mereka sangat antusias menjawab ada yang menjadi ustadz, Insinyur, Dokter, Guru dll.. ya. A man with Dream Is A man with power. Great kid,, We Love You

sumber foto : krapyak.org

Rabu, 11 Juli 2012

Kerinduan Seumur Hidup


seperti malam yang menghapus senja
memulai kerinduanku akan hadir jiwamu
merindumu bersama pendar-pendir damar temaram
menyeruak membuka luka perpisahan
kerinduanku baru kumulai beberapa menit lalu
kerinduanku akan selalu ada hingga saat surya menjelang
sama ketika engkau menemui ajalmu
rasanya seperti hujan gerimis di siang bolong
rasanya kerinduanku menjelma menjadi liar
seiring malam yang semakin larut
rasanya kerinduanku menjelma menjadi imaji yang abstrak
seiring malam menjelang fajar.
aku masih larut dalam kerinduan yang tak bertepi
bersama imaji abstrak tentang dirimu
sekali lagi, imajiku berubah menjadi liar
saat aku melihatmu ada memelukku.



- London  with Love
11  Juli 2012

Saya Bangga menjadi pemuda Indonesia

sudah seharusnya saya dan pembaca blog ini bangga menjadi pemuda indonesia, bangga dengan budaya yang kita punya bangga dengan budaya nenek moyang kita, pemuda indonesia adalah bagian dari changemaker dunia yang akan membawa bangsanya menjadi lebih baik. ditangan pemuda saat inilah kondisi bangsa kedepannya ditentukan Watch out.!!!.
tiga hari mengikuti international cultural camp di lembang bandung telah membuka pikiran saya tentang budaya khusunya budaya Indonesia, betapa orang luar negeri mereka belajar kebudayaan indonesia sedangkan generasi muda indonesia acuh dengan budaya sendiri bahkan mengadopsi budaya yang benar-benar asing bagi dirinya. memang sudah tidak dapat disangsikan lagi bahwa ini terjadi pada generasi muda Indonesia saat ini. 
hal yang paling mudah dijumpai adalah penggunaan bahasa daerah, kalau saya pake bahasa jawa ngoko, ngapak, batak, sunda, melayu anda bilang saya kampungan ? budaya dalam hal ini bahasa merupakan warisan nenek moyang  yang harus dijaga dan dilestarikan. generasi muda saat ini cenderung enggan menggunakan bahasa daerah dalam kehidupan sehari-harinya mereka lebih bangga belajar bahasa asing sehingga pelan-pelan ingatan bahasa daerah mulai luntur. watch out !!!
saya bangga menjadi pemuda indonesia, bangga menjadi generasi emas Indonesia. tidak ada tempat dibelahan dunia manapun yang seindah dan seunik indonesia, ia akan selalu dirindukan bagi pemuda yang memiliki jiwa nasionalitas tingkatan dewa. ketika teman dari london mengatakan, kamu (pemuda indonesia) seharusnya bangga menjadi bagian dari negara yang besar dan kaya sumberdaya alam serta budaya yang begitu luar biasa. saya bangga menjadi pemuda Indonesia, saya bangga terlahir sebagai orang indonesia, saya bangga dengan budaya bangsa indonesia. Realize it..!!!

Selasa, 10 Juli 2012

International Cultural Camp 2012


Evening Plenary

My Hand Made : Painting Class Ukraine

Taiwan Culture Time

Chinese Traditional Painting Made by me


Papercraft

Papercraft by Peri Indonesia

Couple in diversity

Papercrat Collections


yeahhh.. My Team Bandung-France-Yogya

waww.. Kim You are so Amazing :)

with my Russian friend we are Bombastis

Thanks alot for your story about Ukreine

With Paula and her Boy Friend both of Italian

Ali you are so Amazing and really entertaint

with Chinese Partcipant

with Laras and Cindy (Fun Team)

International Participant

This is me

Natural

with my Czech friend thanks for the dance

with Darina (Russian) Punishment team

Thanks For Inspiring all the participant : we love you Tina Huang

Serious hearing Ali's Explanation about Islam in Western

Participants... ;)

Ali... Yeahh so Rock On

Farewell

Hi.... EP