Kamis, 31 Mei 2012

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Setiap kali world No Tobacco day sekolah MA (Madrasah Aliyah Ali Maksum) ku dulu selalu ngadain aksi ,mulai dari nyebar pamflet,leaflet,sticker serta aksi langsung ke jalan bertemu dengan para pengguna jalan serta para tukang becak. kenangan yang terindah saat aksi adalah ketika saya dan teman saya mencoba memberi penjelasan tentang bahaya rokok baik jangka pendek  maupun panjang kepada seorang satpam tapi hasilnya, satpam tersebut marah-marah kepada saya dan teman saya. dan tahu apa yang kami lakukan : kabuuurrrr :)

Let's Move On

Dare to dream : mimpi adalah kunci untuk kita taklukan dunia (Nidji)

tetap semangat menjalani pementasan di dunia ini,
karena naskah kehidupan telah dibuat oleh Allah dengan sangat sempurna.. :)

cobalah berlaku baik kepada siapapun meski mereka kurang baik terhadap kita,
seperti yang telah dicontohkan nabi dulu. 

tanpa disadari jika kita belajar dari setiap apa yang kita lakukan, bahwa seorang musuh
dapat menjadi guru terbaik

senyumlah kawan, dengan begitu engkau akan tampak menawan :)

selalu bersyukur atas nikmat Allah adalah jalan yang terbaik daripada
menyesali apa yang ada. syukuri apa yang ada hidup adalah anugerah (D'masiv)
salah satunya adalah menghargai waktu..:)

Man Jadda wa jada : barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkan

ketenangan didapat bukan karena limpahan materi.. :)

Mom.. I Miss You

No Comment.. hihi

sumber gambar : itsonehumanity.org
facebook friend

Peduli Tidak Harus Memberi


Judul diatas merupakan perkataan dosen saya yang saya tulis dalam note pribadi. dalam suatu mata kuliah community development beliau sangat bersemangat menjelaskan tentang materi perkuliahan yang kebetulan membahas masalah kemiskinan. 
berbicara masalah kemiskinan tentu bukan perkara mudah, sejak bangsa ini didirikan hingga saat ini kemiskinan merupakan masalah besar yang belum terselasaikan. kesmiskinan tidak hanya soal apakah seseorang bisa makan atau tidak tetapi lebih dari itu, sehingga banyak standar yang digunakan untuk mengukur kemiskinan, seperti misalnya BPS memiliki pandangan berbeda dengan FAO tentang standar  kemiskinan. tulisan saya ini menyoroti masalah kehidupan anak jalanan.
bisa dikatakan bahwa anak jalanan merupakan bagian dari orang yang dikategorikan miskin. lazim sekali ditemukan anak jalanan ataupu pengemis di Indonesia berbeda dengan negara-negara yang sudah memiliki kesejahteraan tinggi. bisa jadi indikator kemakmuran suatu negara adalah ketika sudah tidak ada lagi orang-orang yang menggantungkan hidupnya di jalan (pengemis,pemulung,dll).
peduli tidak harus memberi itulah perkataan dosen yang masih saya ingat dalam mata kuliah community development, setiap hari entah itu berangkat atau pulang ke kampus saya selalu menjumpai para gepeng (gelandangan dan pengemis) mulai dari anak-anak kecil sampai orang tua. cara mereka berbeda-beda dalam melakukan aksinya, saya pernah menjumpai seorang pemuda yang masih produktif mengetuk pintu mobil ketika dipemberhentian traffic light, pemuda itu berlagak seperti orang yang sedang kelaparan dengan mengeluarkan air ludahnya tetapi setelah tidak dikasih ada umpatan yang keluar dari mulutnya sama halnya dengan pengamen yang sering kujumpai ketika bus yang kunaiki berhenti di halte. belum lagi anak-anak yang harus bekerja ditengah teriknya matahari dengan membawa kain bekas di traffic light mengusap kendaraan orang-orang yang sedang berhenti lalu dengan muka yang memelas ia menengadahkan tangan seraya meminta kepada setiap pengguna jalan, sedangkan saat ini banyak dijumpai larangan memberi uang kepada pengemis dijalan (sekali lagi : peduli tidak harus memberi). ahh.. miris sekali melihat pemandangan ini They should enjoy their education
pada akhir perkuliahan dosen saya memberikan solusi tentang bagaimana seharusnya menangani anak jalanan. saat ini larangan mengenai pemberian uang kepada anjal belum tegas dan belum sepenuhnya dilakukan oleh masyarakat maupun aparat saya pernah menjumpai di traffic light disana ada anjal sedang meminta-minta sedang disisi lain ada polisi yang sedang mengatur lalu lintas, lalu mengapa polisi itu tidak bertindak tegas terhadap anjal, dalam hal ini pemerintah sebagai center kekuasaan dan pembuat kebijakan harus tepat dan bertanggung jawab atas kebijakan yang telah dibuat. saat ini banyak organisasi yang fokus pada anak jalanan tetapi seolah-olah mereka hanya menjadi sinterklas dan tidak menjadikan mereka lebih berdaya. dalam teori pemberdayaan harusnya dalam menangani anjal menggunakan pendekatan yang berbasis pada partisipasi bukan kita yang melakukan segalanya untuk mereka tetapi mereka yang kita ajari untuk menjadi lebih berdaya. dengan menanamkan nilai-nilai kehidupan serta membekali dengan keahlian sehingga mereka menjadi lebih berdaya dan dapat menatap masa depan dengan baik.

Selasa, 29 Mei 2012

free food for all indonesia

more info : freefoodforallindonesia.wordpress.com


Aku Seorang Mualaf

Seperti biasa setelah pulang dari kampus biasanya aku istirahat sejenak untuk menghilangkan penat, maklum jarak asrama dan kampus ku lumayan jauh. aku biasa membuka akun facebook atau email setelah kuliah maklumlah sekarang aku klebih sering online karena fasilitas dikamar asrama memang lengkap, salahsatunya hotspot. sekarang aku tak lagi harus pergi ke warnet dan mantengin komputer berjam-jam cukup dikamar sambil tidur-tiduran pun aku bisa, terimakasih ya Allah atas nikmat ini kadang hamba kurang bersyukur atas nikmat yang hamba dapatkan.
tapi inti dari cerita ini adalah bukan paragraf diatas, saya anggap itu sebagai prolog. berlebihan ? saya rasa tidak. ketika asyik berbincang dengan teman sekamar dan menunggu adzan magrib, tiba-tiba ada seseorang mengetuk pintu kamar. ya,, ternyata seorang laki-laki tinggi putih sepertinya masih ada keturunan china, laki-laki itu datang ke kamar dengan salah seorang temanku. temanku bilang "ini dia kawan baru kita yang akan belajar bersama di pondok". waww sedikit kaget karena setelah kutanya laki-laki itu menjawab tiga puluh lima tahun. tapi ini memang tak bisa ditebak wajahnya mirip kebanyakan orang dibawah umur 22 tahun. ketika saya  rahasianya ? laki-laki itu menjawab : saya tidak "minum" dan merokok. ternyata dia seorang muallaf. sekali lagi "alhamdulillah ya Allah engkau telah memberikan hidayah kepada laki-laki ini" bahwa islam adalah agama yang benar. laki-laki itu menceritakan bagaimana kehidupannya sebelum masuk islam. dia telah mempunyai seorang istri (janda) ketika masih tinggal di USA,  dan laki-laki itu juga pandai meramu bumbu masakan.
sesuatu yang membuat hati saya bergetar, laki-laki itu ingin belajar dan mendalami Al-qur'an di pondok yang sekarang saya tempati semmentara. laki-laki itu begitu antusias untuk mempelajari islam dan aku menangkap ghirohnya sangat kuat sekali "masyaallah". laki-laki itu langsung mendata kebutuhan apa yang ia perlukan mulai dari buku-buku islam sampai perlengkapan yang akan digunakan selama menjadi santri di pondok yang saat ini kutempati sementara. 
tersadar, mungkin ini juga cara Allah mengingatkan kepada hambaNya melalaui seorang Muallaf, mengingatkan agar selalu belajar dan belajar. belajar tentang islam dengan baik, agar suatu saat nanti ilmu yang didapatkan akan dapat bermanfaat bagi kehidupan pribadi dan orang lain. hal ini kembali membangkitkan semangatku untuk terus belajar islam.

Minggu, 27 Mei 2012

Gadjah Mada University Yogyakarta

Foto : Abdoel Collections

Balairung Building : the central office of  University, the Building designed by Soekarno (Founding Father) 

Grha Sabha Pramana : Main Auditorium of Gadjah Mada University

"sepeda kampus" : the program to create educopolis university and it used by citizen of Gadjah Mada as vehicle to connect each faculty inside.

Food Court : you can fill your stomach with varian food which is serve in this place, es buah, batagor, nasi padang, sate jamur, bakwan kawi, sup buah,, etc

"Masjid Kampus UGM" : let's pray first

The New University Library

My Faculty : Animal Science and Industry

Selasa, 22 Mei 2012

My Hometown


inilah sebuah negeri idaman
negeri yang bernama pelalawan
disitulah dahulu tempatku dilahirkan
dan dibesarkan oleh ayah bunda tercinta
sungainya yang bernama sungai kampar
berliku mengalir jauh ke laut
hutannya masih lebat
tanahnya masih subur
adatnya masih murni seni budaya asli
putera-puteri asli dari negeri yang kini jauh dirantau orang
mari pulang, marilah kembali
kita membangun negeri tercinta
mari bersama-sama membangun negeri ini agar tak ketinggalan zaman
mari bersatu padu membangun negeri ini negeri kita pelalawan
oh tuhan kabulkanlah doa kami
kami membangun negeri, adil makmur dan sentosa
insyaallah kan berjaya Kabupaten Pelalawan


Minggu, 20 Mei 2012

Apalah Arti Menggalau






foto galau 1 : model. Abdul Hamid

foto galau 2 : Model. Abdul Hamid

     GALAU SUDAH NGGAK ZAMAN....     
                      LET'S MOVE ON



DAN SERAHKAN SEMUA URUSAN MU PADA ALLAH SWT


Refleksi



suatu senja : pantai pandansari Bantul  DI Yogyakarta

Seperti biasa layaknya pembimbing lainnya aku harus berusaha bangun lebih awal dari kebanyakan orang di Asramaku, tapi sadarkah bahwasaanya aku terkadang bosan dengan semua ini, jemuh dengan rutinitas bangun pagi yang ahh,,, sejujurnya aku ingin menikmati waktu lebih lama bersama selimut tebalku. Seminggu berlalu hingga sekarang sudah memasuki waktu tahun pertamaku bersama santri yang terkadang membuatku jatuh dan membuatku begitu bersemangat, itulah hidup yang harus ku jalani tak selamanya spirit itu mutlak ada pada diriku, Life is never flat kata orang-orang buatlah hidup ini indah, karena tuhan akan memberikan keindahan pada akhirnya apabila ikhlas dan sabar menjalani kehidupan ini.
Saya hanya berfikir mungkin ini balasan kepada saya , saya mempercayai karma maksudnya adalah apa yang kita lakukan pada zaman yang lalu akan mencerminkan kehidupan kita saat ini, kalau dulu saya membangkang terhadap perintah pembimbing saya sehingga saat ini ketika saya menjadi seorang pembimbingpun banyak anak yang membangkan perintah saya. Saya baru merasakan betapa sakitnya hati seorang guru apabila melihat anak didiknya berlaku kurang sopan, saya baru merasakan bahwa menjadi seorang pembimbing atau guru adalah hal yang sangat luar biasa, saya baru menyadari bahwa menjadi seorang guru atau pembimbing itu godaannya besar. Menjadi seperti mereka adalah hal yang sangat luar biasa butuh keistiqomahan tingkat dewa agar ia selalu menjadi panutan bagi para santri, butuh kesabaran yang sangat super untuk menjaga suasana hati agar tetap ikhlas dan terus berjuang, butuh tekad yang tinggi untuk bisa membagi waktu antara urusan pribadi dan urusan santri. Dan sekarang baru saya sadari bahwa begitu luar biasanya mereka.
Belajar bersabar, aku pernah bertanya pada seorang guru ketika itu aku masih kelas empat sekolah dasar. Pertanyaan yang lumrah tentang “sabar”. Ibu apakah sabar itu ada batasnya ? namanya ibu aisyah beliau menjawab : batasnya sabar adalah ketika kita sudah tidak mampu menahan emosi kita, sejujurnya jawaban itu yang saat ini nyaman dihatiku tentang apa itu sabar. Meski ada yang bilang bahwa sabar itu tidak ada batasnya, tapi sungguh aku lebih setuju pada jawaban ibu aisyah , terkesan lebih diplomatis.
Hingga saat ini aku menjadi seorang mahasiswa aku masih mencoba belajar bagaimana menjadi seorang yang memiliki kesabaran tinggi tapi aku yakin kemampuan kesabaran ku tidak akan sampai pada tingkatan dewa. Aku masih berusaha sabar menjadi seorang pembimbing di asrama, berinteraksi dengan generasi-generasi yang super untuk kemajuan bangsa dan agama mencoba berfikir positive tentang mereka, memfilter kata-kata yang kurang pas dari mereka dan ku anggap itu sebagai celotehan anak kecil dan ku anggap mereka khilaf. Karena sejujurnya ketika seseorang berusaha menjelakkan seseoarng atau mengacuhkan perintah kebaikan, nurani mereka menentang, hanya saja kita terlalu naif untuk mengakui itu semua.
Orang tuaku, guruku dan teman-teman seperjuanganku selalu mengajarkan kesabaran, sabar itu lebih baik bagimu. Karena didalam kesabaranmu ada rencana besar tuhan untukmu, bersabrlah dalam pengabdianmu, bersabarlah dalam pencarian ilmu, bersabarlah dalam menjalani kehidupan ini, bersabarlah karena sabar itu indah. Itulah kata-kata yang kudapatkan dari ayah ku ketika aku sharing kepada beliau tentang masalahku. You are my super dad.
Begitu banyak pahala yang ku sia-siakan karena ketidaksabaranku akan sesuatu. Ya Allah sabarkan aku dalam perjuangan ini, perjuangan untuk meraih ridho  di bumi cinta Mu.

flowers are beautiful


these flowers pictures were took in differnt places

one morning in a village of  Ponorogo East java



Ali Maksum Boarding School



Orchid at Post-Graduate of Animal Science Gadjah Mada University


Sabtu, 19 Mei 2012

Try to be good Chef

Long Weekend : nyoba masak nasik goreng bareng @Irhas, Fanani, Rifa'i, Aro

eemmm..mantap rasanyo.. :)

narsis dulu ah : (gayanya mau makan cabe) hehe

Aro : Hayo... :p

Makan Besar : Alhamdulillah nasi gorengnya jadi juga, setelah berjuang berjam-jam,,hahah (hiperbolis)

Jumat, 18 Mei 2012

Alter the paradigm of gender equality understanding


I really enjoy the lecturer today, the material was about gender equality understanding this material include of Community Develoment major. and I really enthusiasm with discussion. thanks to my lecture who has given understanding about gender equality, now and forever I will remember this as something that should be strive. as we know gender equality was one of Goals Millenium Development. nice to discuss about this theme.
firstly I let you know the differentiation betwen Gender and Sex. what do you think when you hear about Sex ? I guess you will answer Penis for men and Vagina for woman, that's absolutely right. the sex is nature that God gave to us and it can't change. it is Nature you will never let it go even you're doing transgender act. Sex is sign to make easier us differentiate betwen men and woman.
what is gender ? first, Gender is not sex. Biological sex characteristics do not cause specifics gender or activities, biological sex is virtually meaningless outside the social context in which it develops and is expressed (Yoder, 2003) so what is the meaning of Gender actually ? gender is the same in everywhere and all the time both man and woman except the nature of person it self.
most of developing country including Indonesia are still trapped on the tradition or culture from generation to geneation. which position man as higher than woman. actually this is unbalance for woman and man it self. I will explain. well, Imagine in our culture the position man is higher than woman in our paradigm as a man they have to full fill the need of household and man is only work on hard sector. let we see the woman arround us they only work on kitchen or doing houswork. the culture was create the condition about, since this country were found. but remember we have an obligation as woman and man as naturally.

Belajar sambil Minum Susu

Long weekend juga akhirnya, berasa gimana gitu ? hehehe bisa sedikit lebih refresh meski nggak semua karena liburan ini aku ada project,,hiks,,hiks..temen satu kelompokku bilang perjuangan adalah komitmen, semoga saja project kita selesai sebelum hari senin paling tidak jika belum selesai sudah 60% lah..:).

tapi sebelum ngerjain project buat lomba enaknya minum susu dulu biar lebih mantap.. apalagi yang diminum susu kambing, susu kambing memiliki kandungan gizi lebih baik dari susu sapi. hari ini aku diajak liputan bersama majalah Gallusia fakultas Peternakan UGM langsung ke farm nya (fantastis banget kan, bisa melihat proses pembuatan susu secara langsung hehehehe...*berlebihan sedikit bolehlah). berangkat dari fakultas jam setengah sembilan langsung menuju ke jalan kaliurang KM 19,5 (lumayan capek juga duduk di atas motor sampe panas ni si jok aku dudukin..hihihi) setelah bermenit-menit akhirnya nyampe juga di tempat yang kita tuju..(akhirnya..) setelah melewati jalan kaliurang yang saat itu lagi panas + berlika-liku nya jalan pedesaan ( perjalannya lumayan enak..:)))
Suka Farm Peternakan Kambing Etawa tempat yang kita tuju akhirnya berada didepan mata. tidak bau prengus seperti kebanyakan kandang kambing, tempatnya juga lumayan bersih, memang untuk kambing perah perlakuannya harus beda dengan kambing-kambing yang bukan perah biar gak stres dan produksinya juga lancar. parah banget masa gue anak peternakan baru bisa ngelus kepala kambing etawa disini (parah..!!!) kambing-kambing etawa disini manutan gak kaya kambing etawa di kandang Fakultas..hehehe. yang lebih hebatnya lagi meski farm ini masih dalam skala kecil teatapi sudah banyak orang belajar dan berkunjung ke farm, tau nggak siapa ?
Farah Quinn bro... Chef yang biasa muncul dengan berpenampilan "segerr" di Tv (yang Holic nonton TV pastinya tau lah.. ) dan pernah diprotes oleh KPI karena pakaiannya yang kurang sopan pada salah satu acara (kok malah ngomongin mba Farah Quinn heheh...kebanayakan liat infotement kali ya)..gak nyangka banget pas aku lihat ternyata ada foto+ttd nya terpampang di Suka Farm, nggak cuma mba FQ aja yang pernah datang dari Tv Nasional seperti Trans 7 juga ada, di Farm ini juga menyediakan Field trip. di Suka Farm setiap kali ada yang berkunjung kita nulisisn kesan kita diatas "tampah" (boso jowone) terus dipampang deh diruang pamer (sudut-sudut strategis) kan lumayan bisa dibaca orang bahwa gue Hamid dan Gallusia Magazine pernah kesini dan minum susu kambing disini..hehehehe
bersama majalah Gallusia aku berbincang bareng langsung dengan pemilik Farm (belajar langsung sama ahlinya) selama proses diskusi aku hanya terdiam (lagi gak semangat bertanya) + pembahasannya udah tinggi (gila.. kaya diperkuliahan aja) udah bahas masalah jenis-jenis pakan (secara..gue belum dapat ilmunya di kampus) tapi gue bilang dalam hati (you are amazing..!!!). ntar kalau ada waktu aku share deh hasil diskusi + aku juga sempet ngrekam perbincangan..edisi kali ini bersifat curhatan aja ya..hehe :D 
nih aku kasih lihat foto-foto farm nya, biar gak penasaran.. Enjoy the Images
Ini dia... kandang kambing nya..:)

pertama kali lihat ginian : aneh,,, (harap maklum)

nah kalau yang ini,, tampah kenangan ada foto mba FQ, turis asing juga banyak, mahasiswa PKL juga ada :)

menunggu kehadiranmu (the owner of farm) with : Mb' Naim, Asri, Dp, Dane. Mas Reza, Bagas, Bre + temen seperjuangan Gall's 2012 @ Laras, Wulan

kondisi kandang yang tertata rapih.. ada koridornya juga lho.. keren toh :p

nih kambing yang buat di peres eh perah susunya kalau yang warna putih itu hasil persilangan..

OMG..ni Domba Gede Banget

Hi... ini kepala Domba (gambar sebelumnya) Josss.. "Black Is Strong" hehehe

Ruang Pengolahan Susu : udah kaya di Lab. aja bagi yang bekerja di dalam harus mandi dulu biar lebih steril

Ini dia yang di tunggu-tunggu (horeee..) susu kambing, selain susu kambing ada Froyo juga loh (Frozen Yoghurt) nih tak kasih daftar harga. Froyo Rp.5000. Susu kambing aneka rasa Rp.10.000. Murni Rp.12.500 (330 ml) yang berkualitas emang beda harganya :)



Rabu, 16 Mei 2012

Jejak yang tertinggal


Jejak yang tertinggal merupakan kumpulan puisi-puisi yang ku ciptakan pada saat aku duduk di bangku MA (Madrasah Aliyah) sebagai teman dikala rasa rindu ini membuncah untuk memeluk mereka yang jauh diseberang pulau. ku ucapkan pada mereka yang terpaut ribuan mil bahwa rasa rinduku tak kan pernah berujung, untuk orang yang sangat spesial You are my everythings

Hamburg, menjelang malam
"Miss to Mom"

seperti apa rupamu kini
semakin tua, ataukah terlihat muda
rambutmu memutih mengkilapkah ?
atau masih hitam legam seperti kulitku
masihkah senyum indahmu menempel bersama lesung pipitmu yang manis
ahh..ibu aku rindu padamu
rindu pada senyuman mu
rindu pada lesung pipit mu
rindu pada rambut mu
rindu pada kemarahan mu padaku
aku rindu jiwa ragamu wahai ibu tercinta
sedetik, semenit hingga berhari-hari bahkan berbulan-bulan
kulalui tanpa motivasi besarmu..hampa..
tapi ku tahu ibu, disana kau masih mengingat anak-anak mu

ya Allah... aku rindu pada ibuku
pertemukanlah aku dengannya
karena raga ini tak mampu tuk memeluk
ditengah tak keberdayaannya, karena raga ini
tak mampu mendampingi ditempat peristirahatan abadi
karena raga ini, kini terhempas jauh

ya Allah.. aku rindu pada ibuku
pertemukanlah aku dengan ibu
walau hanya lewat mimpi
walaupun ia terlihat samar

ya Allah.. aku rindu pada ibuku
jangan kau siksa dia, ampuni dosanya 
sayangi dia ya Allah, seperti ia menyayangiku
tempatkan ia bersama orang-orang yang beriman di tenangnya suasana firdausmu
bersama senyumnya yang mengembang

tak terasa kuteteskan air  mata
dikeheningan suasana
bersama bayang-bayangmu ibu
aku rindu padamu ibu..
apa yang kau lakukan sekarang ibu ?
apa yang kau lakukan bersama kedua malaikat itu ?
apakah ia baik padamu ibu ?

ya Allah aku rindu pada ibuku
tak ada satu foto yang ku genggam
saat kutulis kerinduan ini
tak ada satu gambar tentangmu
hanya ada bayanganmu di otakku
yang takkan terhapus dalam ingatan
karena aku mencintaimu

saat ku dengar bait-bait lagu tentang ibu
hatiku menangis, hatiku merontak
ibu aku ingin memelukmu....


Senin, 14 Mei 2012

Indonesia Bangkit


setelah dinyatakan lolos sebagai peserta Global Youth Cultural Summit 2013 saya merasa usaha yang selama ini saya lakukan tercapai, menjadi peserta pertemuan pemuda tingkat dunia tak pernah saya bayangkan sebelumnya. tapi inilah kehidupan bahwa tuhan akan memberikan yang terbaik bagi umatnya. it's time to go international.
saya fokus pada pemberantasan kemiskinan dan kelaparan akut. sebagai seorang pemuda dan generasi muda saya merasa bangga dilahirkan di indonesia. pemuda tidak hanya dikonotasikan sebagai masa untuk melakukan hal-hal yang kurang produktif, masa muda adalah masa untuk produktif dan berkontributif bagi kemajuan bangsa. sebagai seorang pemuda harus tertanam dalam dirinya jiwa patriotisme dan rasa memiliki terhadap bangsa, sadarlah bahwa kemiskinan adalah tanggung jawab moral kita bersama, bahwa pemberantasan kemiskinan tidak hanya tugas dari pemerintah tetapi semua lapisan masyarakat termasuk kita, kita seorang pemuda. mari para pemuda Indonesia bangkit dari tidurmu bangkit dari kegalauan yang menggandrungi pikiran pemuda serta membrantas alayisasi  yang menjadikan mental pemuda indonesia saat ini sangat labil. lihat sekeliling kita masih banyak mereka yang kurang beruntung. mulai saat ini harus ditanamkan dalam jiwa pemuda indonesia bahwa aku adalah agent of change yang akan merubaha negeri ini menjadi lebih baik.
kembali kepada fokus kita tentang pemberantasan kemiskinan dan kelaparan akut. saat ini jumlah orang miskin di Indonesia berdasarkan data dari BPS (badan pusat statistik) data pada bulan september 2011 berjumlah 28.89 juta jiwa. angka yang sangat besar. kemiskinan memang menjadi momok bagi bangsa ini, tampaknya pemerintah juga mengalami kesulitan dalam memberantas kemiskinan, sedangkan suara-suara diluar sana hanya berkoar-koar tanpa memberikan solusi. lalu kemiskinan ini tanggung jawab siapa ? saya akan menjawab ini adalah tanggung jawab seluruh komponen yang ada di negeri ini. pemerintah sebagai pengatur jalannya negara menjadi peran pusat dalam pemberantasan kemiskinan, pemerintah telah melakukan banyak program namun hasilnya apakah tepat sasaran ? apakah semua orang miskin di negeri ini mendapatkan haknya. mari kita merenungkan.
masyarakat indonesia saya katakan egois meski tidak semuanya. di negeri yang katanya kaya akan sumberdaya alam ini ternyata masih banyak rakyatnya yang hidup dibawah garis kemiskinan. kekayaan hanya dikuasai oleh sebagian orang. sehingga yang terjadi adalah orang yang kaya akan semakin kaya dan yang miskin akan tambah menderita. berapa banyak orang kaya di indonesia tapi sudahkah mereka menggunakan kekayaan tersebut untuk membantu orang disekitarnya, atau mereka hanya menumpuk kekayaan untuk keluarga mereka sendiri. jikalau negeri ini bersatu kita mampu menhilangkan angka 28,89 juta jiwa tidak hanya di atas kertas, jika kita bersatu kita mampu menjadi bangsa yang maju, jika kita bersatu kita akan sejahtera.
Indonesia Pasti Bisa...!!!

Selasa, 01 Mei 2012

I'm Hamid: Leadership is Journey

I'm Hamid: Leadership is Journey: leadership is not creat in once night... leadership is not learn by the book... but leadirship is need process and leadership is journey....

Global Youth Cultural Summit



Congratulations on being selected for GYCS!

Congratulations  Abdul Hamid! You have been selected among the 400 youth to attend the inaugural 2013 Global Youth Cultural Summit (GYCS) on the UN Millennium Development Goals (MDGs). We were very happy to learn more about your ideas to help accelerate progress on the MDGs in your entry to the competition. Yours was selected among hundreds of other applications as one of the most relevant and creative. We are excited to welcome you here in Jakarta on 16-21 August 2013 for a global summit that will gather youth from all corners of the globe to discuss and debate on the way forward for positive and sustainable global development. 
To this effect, we are happy to inform you that you will be awarded free accommodation and meals during the whole summit (16-21 August 2013).

Why was the Summit moved to 2013?

There are three reasons behind this decision. We believe these ultimately work for your benefit.
Firstly, the Indonesian National Standard Protocol has demanded greater coordination with certain ministries of the Indonesian government working on the MDGs between their agenda and that of GYCS. For this reason, more time was required to prepare and coordinate our efforts to ultimately be able to integrate your ideas and the results of the sessions at the Summit into the country's plan for MDG implementation.  This is a golden opportunity for you change makers thirsty for real impact!

Secondly, GYCS will be different from other conferences. GYCS will be about results and follow-up. We therefore encourage participants to start materializing or building upon their ideas today and seek support from their home government or NGOs in their home country this year in preparation for presentations on progress and results at the conference in 2013. In this regard, GYCS2013 will be a celebration of concrete progress and an inspiring debate about the future!

Lastly, as the icing on the cake, there are plans for participants to take part in the Indonesian Independence Day celebrations as guests of a prominent government leader on 17 August 2013. We are very excited about this and we think you will love it!

What now?

Three Things:
1) First of all, you should start preparing your trip to Jakarta.
We now invite you to purchase your flight tickets to Jakarta and/or start your fundraising activities to finance them as soon as possible. You will have until 1 May 2013 to submit us your travel itinerary with arrival and departure information at travel@gycs2013.com. You should plan to arrive at Soekarno-Hatta International Airport on 16 August 2013 and depart on 21 August 2013.
For international participants, we also invite you to start the process of applying for a visa (if need be - please consult the Indonesian embassy in your country to that effect) as soon as possible. Visas and flights into and out of Jakarta remain your responsibility.
Should you not contact us in time with your flights details and confirmation of ability to travel to Indonesia (visa requirements fulfilled), we will offer your place to one of the hundreds of youth on the GYCS waiting list.
2) We will need a reference letter in English from your organization (work place), university (or educational institution) or government supporting your participation at GYCS. This letter has to confirm the duration of your stay in Indonesia, clearly indicate whether you will extend your stay beyond the conference, and confirm that you will return to your home country afterwards. We ask you to send this in Word or PDF format along with your travel documents by 1 May 2013 at travel@gycs2013.com
3) We invite you to stay connected with us throughout 2012 and until the Summit next year. We will seek to get your insight and suggestion for the conference as well as inform you of potential pre-Summit activities.
For these purposes, we invite you to join our group on The Humanitarian Social Network at http://itsonehumanity.org/group/gycs2013 if you haven't already.
We also invite you to follow us via twitter (@GYCS2013 / #GYCS) and to like our page on facebook.
We look forward to welcoming you in Jakarta!
- GYCS Committeewww.gycs2013.com
</