Kamis, 01 November 2012

Sayapku Semakin Lebar

oktober, ternyata masih menyimpan kisah yang sulit untuk dilupakan. semacam bulan bersejarah mungkin, karena ikhtiarku mendapat jawaban. mendaftar dua organisasi tingkat universitas dan semuanya diterima dengan proses seleksi yang ketat. entah mengapa aku lebih suka mendaftar pada organisasi yang open recrutmentnya menggunakan proses seleksi yang ketat. sebuah ungkapan favoritku : hidup itu seperti perlombaan maka ada yang menang dan kalah. 
organisasi merupakan nafas bagi seorang mahasiswa, di organisasi pula proses pembelajaran kepemimpinan dan pendewasaan fikiran menjadi tempat yang ideal. rasanya ada yang kurang jika mahasiswa tidak ikut organisasi (Idealis), sejak pertama kali menginjakkan kaki di kampus kerakyatan dan menjalani proses orientasi yang sangat menjijikan (masih ada perploncoan) doktrin tentang mengikuti organisasi sudah menjadi makanan setiap hari, selalu ada yang mengatakan "ikutlah organisasi" organisasi dan organisasi. jangan jadi mahasiswa kupu-kupu itulah ucapan sahabatku ketika pertama masuk kuliah.
tampang polos dan lugu masa lalu masih tergambar jelas hingga saat ini, hanya bisa tersenyum pada diri sendiri, di tahun awal kuliah di kampus kerakyatan aku butuh waktu setahun mengamati dinamika kehidupan kampus dan mengenali karakter mahasiswa. setahun berkegiatan di tingkat fakultas ada rasa kejenuhan menghadapi orang-orang yang sama dengan fikiran yang bisa dibilang kurang begitu homogen (background keilmuan), saat itu aku masih seperti kebanyakan mahasiswa baru lainnya yang terdoktrin untuk mengikuti organisasi. aku mengikuti tiga organisasi sekaligus ditingkat fakultas namun yang bertahan hanya satu yaitu organisasi yang sesuai dengan passion (I live with my Passion) yaitu dunia jurnalistik, sisanya aku sengaja men- seleksi alam kan. dan gilanya sekarang adik angkatanku mengikuti 10 organisasi di tingkat fakultas maupun universitas. #semoga bisa istiqomah. bagiku mengikuti organisasi itu adalah harus sesuai dengan passion dan bagaimana kita professional didalamnya.
setelah setahun belajar organisasi di tingkat fakultas, aku merasa kurang dengan apa yang didapat saat ini. dan aku memutuskan untuk "melebarkan sayap", aku ingin mengikuti organisasi (UKM) tingkat Universitas. dua organisasi yang sudah kuincar berbulan-bulan akhirnya bisa kuraih, sekarang aku menjadi bagian dari Bulaksumurpos dan AIESEC OE UGM. ada kebanggan tersendiri setelah terpilih dari 600 berkas dan mengikuti proses seleksi panjang (tes tulis, FGD, Interview) kesemuanya itu terjadi di bulan Oktober. alhamdulillah sayapku semakin lebar, semoga bisa profesional dengan semua ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar