Selasa, 06 November 2012

Identitas Kebahasaan

seorang teman yang kini kuliah di Yaman bertanya kepada saya tentang bahasa yang kini lagi nge-trend di kalangan anak muda, bukan tanpa alasan dia bertanya kepada saya, bila dilihat dari TL di twitternya teman2 di Indonesia  menulis ciyus mi apah. teman saya yang satu ini bingung karena memang sudah meninggalkan Indonesia setahun lalu. ketika saya jelaskan tentang bahasa tersebut dan akhirnya berkata : semakin meningkat saja perkembangan bahasa anak Indonesia. itulah latar belakang saya menulis hal ini.

Bahasa adalah identitas suatu bangsa dan negara dalam pergaulan internasional, bahasa merupakan alat komunikasi  verbal yang sangat efektif untuk menyampaikan pendapat di khalayak umum. indonesia sebagai negara yang kaya akan keberagamana bahasa, disatukan menjadi bahasa nasional yang kita kenal saat ini sebagai bahasa Indonesia. bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bumi pertiwi. sehingga tidak ada identitas suku ketika menggunakannya meski terkadang logat asli (suku) masih tetap terbawa. tapi itulah bahasa pemersatu antar suku yang beragam di negeri ini.
perkembangan zaman disadari atau tidak telah merubah  banyak aspek kehidupan manusia di Indonesia, terutama yang menyangkut kebahasaan. sejak social media booming seperti facebook dan twitter banyak istilah-istilah muncul yang sebelumnya jarang diperdengarkan. eksistensi pemuda indonesia pun tinggi di dunia maya, Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna social media terbanyak dan teraktif, trend ini selalu meningkat setiap tahunnya. didukung oleh program pemerintah tentang penggunaan internet di pedesaan.
kemajuan teknologi informasi seperti social media (facebook, twitter) televisi ternyata memberi dampak bagi dinamika kebahasaan kita (bahasa Indonesia), lihat saja para generasi muda yang menuliskan postingan lewat twitter atau facebook, sms, meski secara maksud tepat namun dalam kaidah dan tata bahasa sangat kacau. kemudian kita mengenal istilah alay, alay merupakan istilah yang disematkan bagi seseorang yang sangat berlebih-lebihan dalam perkataan, tulisan, gaya dll. sejujurnya saya sulit mendefinisikan kata alay, menurut saya kata itu terlalu absurd. akhir-akhir ini istilah ciyus mi apah sedang menjadi TT di banyak kalangan anak muda untuk menyebut kata Terus diganti Ciyus. candu dalam penggunaan istilah ini dan istilah lainnya (berbau alay) membuat saya khawatir tentang eksistensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dikalangan pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
mari diresapi butir-butir sumpah pemuda. sebagai pemuda mestinya tahu dan mampu menempatkan diri dalam pergaulan khususnya penggunaan bahasa. 

sekedar gambaran


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar