Minggu, 16 September 2012

jadi, hidup harus berfikir.


Perkuliahan hari ini begitu menyenangkan dan penuh motivasi, rasanya tiga jam belum cukup untuk mendengarkan apa yang disampaikan oleh dosen. pada mata kuliah Nutrisi Ternak Dasar dosen pengampu langsung di handle oleh guru besar sekaligus nutrisionist yang sangat luar biasa. Beliau biasa dipanggil dengan pak zuprizal. Tulisan saya kali ini tidak akan membahas tentang masalah Nutrisi Ternak tetapi saya akan membahas pesan-pesan beliau selama perkuliahan berlangsung.
Hal yang pertama saya ingat dari ucapan beliau adalah :
Manusia dan hewan sama, yang membedakan keduanya adalah pada manusia diberi akal sedangkan pada hewan tidak.
 pesan implisit yang saya tangkap dari kata-kata itu adalah apabila manusia tidak menggunakan akalnya secara baik dan benar maka akan sama halnya dengan hewan bahkan bisa lebih rendah !!!
kesombongan adalah hal yang sangat di murka oleh Allah, kesombongan hanya milik Allah dan manusia tidak berhak untuk berlaku sombong karena kedudukan semua manusia sama dihadapn Allah yang membedakan adalah amal ibadah yang diperbuat. Namun sekali lagi manusia kurang bersyukur atas nikmat Allah berupa fikiran “berfikir itu menyenangkan”, bukankah mereka tahu bahwa sombong itu hanya Allah yang berhak namun mengapa masih ada yang berlaku sombong (satu bukti kecil bahwa kita tidak dapat menggunakan otak kita untuk berfikir).
Beliau bertanya kepada seorang mahasiswi, berapakah jumlah kaki ayam ? dan mahasiswi itu menjawab lima, apakah kalian tidak berfikir bahwa hal-hal yang sangat sepele anda tidak mengetahuinya padahal kita disini belajar tentang dunia peternakan. Saya berkesimpulan bahwa manusia terkadang malas untuk memikirkan hal-hal kecil, marilah kita berfikir secara holistik, fikirkan apa yang telah Allah anugerahkan kepada kita, bukankah Allah menciptakan alam raya dan isinya agar manusia berfikir ?
Beliau melanjutkan pembicaraanya, berdasarkan penelitian, orang mampu bertahan hidup selama empat puluh hari tanpa makan, tanpa minum empat hari. Namun ada nutrien yang sering dilupakan padahal fungsinya sangat besar. Beliau bertanya lagi kepada para mahasiswa dan seisi kelas diam. ya udara merupakan nutrien yang sangat penting bagi kehidupan seluruh penghuni alam tak terkecuali hewan ternak. orang hanya mampu bertahan hidup selama empat menit tanpa udara. Itulah mengapa udara terlupakan karena kita memperolehnya secara gratis dari sang pencipta. Sekali lagi otak kita jarang digunakan untuk berfikir hal-hal yang kecil.
Let’s think. :))

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar