Sabtu, 21 Juli 2012

Ramadhan di Pesantren

Alhamdulillah tahun ini masih bisa dipertemukan dengan bulan yang mulia, ya bulan ramadhan mubarak, sudah empat tahun aku selalu menghabiskan setengah dari bulan ramadhan di pesantren karena sejak empat tahun lalu aku menjadi santri di sebuah pesantren di Yogyakarta (Krapyak.org). aku menikmati peranku sebagai seorang santri meski kerinduan akan buka dan sahur bersama keluarga sangat kurindukan. 
Ramadahan di pesantren sangat berbeda rasanya dari tahun ketahun, riuh gemuruh santri selalu hadir disaat pagi siang dan malam, lantunan ayat suci alquran yang menenangkan selalu dilantunkan setiap waktu. sebagai seorang santri saya merasa bahwa momentum bulan ramadhan ini harus dimanfaatkan dengan maksimal dalam beribadah dan berbuat kebaikan seperti tadarus, tarawih, sedekah. nikmatnya ramadhan di pesantren juga momentum untuk meningkatkan ilmu agama, pada bulan ramadhan akan banyak sekali pengajian-pengajian yang diadakan oleh pesantren. pokonya rugi melewatkan kesempatan ramadhan di pesantren.
ada hal yang menarik ketika ramadhan di pesantren seperti panjangnya antrian para santri dalam mengambil makanan, suara piring yang kadang membangunkan sahur menjadi pemandangan yang unik dan menarik. letak pondokku memang sangat strategis diapit oleh dua jalan yang banyak dilalui orang yaitu jalan Parangtritis (paris) dan jalan Bantul serta letaknya dekat dengan kraton kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, selama bulan ramadhan disekitar lingkungan pesantren banyak pedagang kaget dan ada kampung ramadhan (kampung ramadhan jogokaryan). 

The Gate : Kampung Ramadhan Jogokaryan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar