Sabtu, 02 Juni 2012

My Note


menjadi seorang guru tidaklah mudah, bukan hanya mengajar lalu sudah, menjadi guru bukan hanya sebagai profesi tetapi menjadi guru adalah sebuah pengabdian, menjadi guru adalah belajar menjadi teladan, berkesempatan untuk terus belajar lewat mengajar dan keteladanan. menjadi guru adalah tugas mulia untuk menciptakan generasi pembaharu yang memiliki jiwa yang berani, jujur, tegas serta cerdas.
sekarang baru kusadari betapa batin seorang guru akan tersayat dan berteriak ketika melihat anak didiknya berlaku kurang sopan dihadapan mereka, merasa apa yang disampaikan kepada muridnya tentang tatkrama hanya dianggap sebagai angin lalu. begitu sakit hati seorang guru bila melihat anak didiknya membantah perkataannya selama dalam hal kebaikan. ternyata seperti ini menjadi seorang guru.
menjadi seorang guru tidak mudah, bukan perkara soal mengajar namun lebih kepada memberikan keteladanan dalam segala aspek kehidupan, sehingga ada pepatah yang sangat terkenal mengatakan " guru kencing berdiri murid kencing berlari " seorang guru harus memberikan keteladanan yang baik kepada para peserta didiknya. begitu juga seorang murid yang harus menghormati guru dengan sebaik-baiknya karena ketika seorang guru dan murid memiliki hubungan baik bukan hanya secara fisik, tujuan dari belajar akan tercapai proses transfer pengetahuan akan terkirim dengan baik. inilah yang seharusnya terjadi pada pendidikan di Indonesia adanya sinergis guru dan murid.
menjadi guru saya ibaratkan menjadi seorang pemimipin, pemimpin bagi para peserta didik sehingga jiwa-jiwa kepemimpinan yang ada pada diri seorang guru harus ditularkan kepada para peserta didik. jujur, tegas berani disiplin merupakan syarat utama bagi seorang guru yang harus dipenuhi. menjadi seorang guru layaknya menjadi seorang profesional yang mana murid sebagai klien harus tunjukkan pada arah kebaikan. yang terpenting dari semuanya adalah jadilah seorang guru yang mengiinspirasi anak didik. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar