Sabtu, 31 Maret 2012

Long Life Learning

kan ku telusuri seujung bumi dan luasnya..
betapapun jauh, betapapun rimbun tetap harus ku tempuh,
sejauh angan dan cita-cita ku.
kan kudapatkan cita-citaku, ataukah aku mati dipengasingan
jika jiwaku punah kepada Allah lah aku kembali
namun, jika jiwaku selamat
kepulangan ku diambamg pintu dengan segudang Ilmu.

inilah penggalan syair dari imam syafi'i yang sangat membakar semangat belajar ku,  aku masih ingat betul, ketika guru bahasa arab ku Bp. Ikhsanuddin, beliau membacakan syair ini dengan penuh expresi dan penghayatan yang luar biasa, hingga membuat seisi kelas sepi, senyap hanya ada suara beliau yang akan selalu ku rindukan. beliau mengatakan tuntulah ilmu setinggi-tingginya setelah itu diamalkan, karena ilmu tanpa diamalkan bagaikan pohon tidak berbuah.
didalam keluargaku ayah dan ibu sangat memperhatikan masalah pendidikan baik agama maupun umum, oleh sebab itu beliau menyekolahkan anknya-anaknya pada sekolah-sekolah formal dan sekolah-sekolah agama, termasuk aku.
petualangan pencarianku ilmu ku berlanjut ke sebuah universitas terkemuka di negeri ini, aku mengambil program studi ilmu dan industri peternakan universitas Gadjah Mada, aku merasa senang berada dilingkungan baruku, tuhan mengabulkan do'a ku, ketika aku masih duduk di kelas sepuluh Madrasah Aliyah Ali Maksum, dengan huruf yang kususn dan kutempel pada muka lemari besiku sebuah kata tertempel rapih dan tampak lebih dominan, UGM, dan semua orang bisa melihatnya, aku percaya kekuatan mimpi, dengan mimpi aku percaya bahwa ia akan jadi nyata dengan usaha dan do'a, dan aku telah merasakannya, meski masih banyak mimpi-mimpi yang harus kuwujudkan, tapi setidaknya dengan mimpi aku merasa lebih baik dan punya pandangan jauh kedepan. dare to dream !! 
aku telah berjanji pada diriku bahwa aku akan terus belajar selama hayat masih dikandung badan, life long learning, tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat
# terimakasih ya Allah atas nikmat yang engkau berikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar